ASLIDOMINO – Olahraga, makan makanan bergizi seimbang, dan mengadopsi gaya hidup sehat adalah faktor-faktor penting untuk menurunkan berat badan. Begitu juga, tidur malam yang cukup dan berkualitas.

Bicara soal kualitas tidur, ternyata kebiasaan-kebiasaan yang kita lakukan sebelum tidur juga bisa memengaruhi berat badan. Inilah beberapa kebiasaan sederhana sebelum tidur bisa kamu lakukan setiap hari untuk membuatmu lebih cepat langsing.

1. Makan daging

Triptofan, asam amino yang terdapat di sebagian besar daging, telah menunjukkan efek pemicu tidur yang kuat. Sebuah studi dalam The Journal of Nervous and Mental Disease yang dilakukan terhadap penderita insomnia menemukan bahwa seperempat gram triptofan cukup untuk secara signifikan meningkatkan jam tidur nyenyak.

Penelitian oleh University of Colorado, Amerika Serikat, juga menemukan bahwa pelaku diet mengonsumsi 6 persen kalori yang lebih sedikit saat mereka mendapatkan cukup tidur. National Sleep Foundation merekomendasikan orang dewasa untuk tidur selama 7-9 jam setiap malamnya.

2. Lakukan latihan ketahanan

Latihan ketahanan sebelum tidur bermanfaat untuk membantu mengoptimalkan penurunan berat badan selama tidur. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Sport Nutrition, partisipan yang melakukan latihan ketahanan menunjukkan tingkat metabolisme istirahat yang lebih tinggi selama rata-rata 16 jam setelah latihan.

Jadi, lakukanlah latihan ketahanan beberapa saat sebelum tidur dan biarkan tubuh melakukan pembakaran kalori saat kamu terlelap.

3. Tidur dan bangun di jam yang sama

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam American Journal of Health Promotion, kualitas tidur penting untuk komposisi tubuh. Waktu tidur dan bangun yang konsisten setiap harinya berkaitan dengan lemak tubuh bagian bawah. Tidur kurang dari 6,5 atau lebih dari 8,5 jam per malam dikaitkan dengan peningkatan lemak tubuh.

adwal tidur yang berantakan terkait dengan penambahan berat badan yang berlebihan. Biasanya, hormon melatoninlah yang memberi tahu kita kapan harus tidur. Ini juga membantu mengaktifkan sel lemak ​​yang membantu membakar kalori.

Jika rutinitas tidur dan bangun ini tidak konsisten, ini akan mengganggu produksi melatonin dan mengurangi kualitas tidur. Akibatnya, kamu mungkin merasa lelah di pagi hari dan cenderung ingin makan camilan berkalori tinggi untuk meningkatkan energi.

Maka dari itu, yuk, biasakan untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari!

4. Konsumsi produk susu

Segelas susu, yoghurt tawar, atau smoothie protein sebelum tidur dapat membantu membangun lebih banyak otot saat kamu tertidur. Itu karena produk susu penuh dengan kasein, bentuk protein yang lambat dicerna, sehingga dapat membantu membangun massa otot tanpa lemak sepanjang malam, menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Medicine & Science in Sports & Exercise.

Sebagai informasi, membangun otot adalah cara utama untuk meningkatkan laju metabolisme dan membakar lebih banyak kalori setiap hari, bahkan saat kamu sedang di alam mimpi.

5. Matikan lampu

Selain gadget, cahaya terang pada waktu tidur dapat mengurangi produksi melatonin, yang mana ini dapat mengganggu kualitas tidur.

Dalam sebuah studi yang dilakukan di Oxford University, Inggris, diketahui bahwa perempuan yang tidur di kamar paling gelap memiliki kemungkinan 21 persen lebih kecil untuk mengalami obesitas dibandingkan wanita yang tidur di kamar paling terang.

Jadi, selain menjauhkan diri dari gadget, biasakan juga tidur dalam kondisi ruangan gelap agar kamu lebih cepat tertidur serta tidurmu nyenyak.

Itulah beberapa cara menurunkan berat badan. Tak sulit, kan? Meski demikian, perlu diingat bahwa kebiasaan tersebut tidak akan memberikan penurunan berat badan yang signifikan bila tidak didukung dengan olahraga dan konsumsi makanan sehat bergizi seimbang. Intinya, makin sehat pola hidupmu, maka hasilnya akan lebih optimal!

Agen Poker Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *