AsliDomino –Banyak orang gak sadar, rendahnya rasa kerberhargaan diri atau low self esteem dapat bermanifestasi menjadi beragam sifat buruk yang merugikan diri sendiri. Walau tampaknya kamu baik-baik saja dari luar, tapi kurangnya kepercayaan diri akan membuat dirimu selalu merasa tak aman.

Ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti penolakan dan trauma di masa lalu. Semua rasa sakit hati akhirnya membuahkan perasaan tidak berharga. Saat kamu belum bisa berdamai dengan diri sendiri, perasaan itu akan tumbuh dan membuahkan beragam sikap dan perasaan negatif.

1. Ketidakpedulian pada lingkungan sekitar

Sikap pasif dalam lingkungan sosial merupakan salah satu wujud dari rendahnya kepercayaan diri. Pikiran bahwa mereka akan melakukan kesalahan bila berpartisipasi dalam sebuah kegiatan membuat mereka mengambil jalan pintas untuk tidak melakukan apa-apa. Seringkali sikap ini pula diikuti oleh isolasi dari pergaulan atau lingkup sosial.

Lagi-lagi, didasari oleh pikiran bahwa tidak ada orang yang mencintai mereka, bahwa mereka tidak cukup berharga untuk bergaul dan bersanding dengan teman-teman sebayanya. Sehingga salah satu upaya untuk melindungi diri sendiri dari penolakan adalah tidak bergaul dengan siapa-siapa.

2. Kebiasaan menunda-nunda

5 Sikap Buruk Ini Menunjukkan Kamu Tidak Percaya Diri dengan Hidupmu Dilansir Psychology Today, sebuah studi mengungkapkan bahwa orang-orang dengan tingkat self-esteem yang rendah cenderung memilih untuk menunda mengerjakan tugas. Hal tersebut mereka lakukan, agar bisa menghindari penilaian orang lain.

Mereka tidak punya kepercayaan diri dengan apa yang mereka lakukan. Mereka juga tidak memiliki keberanian untuk menghadapi kegagalan. Apa kamu pun sering melakukan hal serupa? Kamu terlalu takut akan penghakiman, komentar, juga kritik orang.

Dibanding menyelesaikan dan mendapat feedback negatif, kamu memilih untuk menunda bahkan tidak mengerjakannya sama sekali. Namun, apa itu akan semakin memudahkanmu?

3. Perfeksionis

5 Sikap Buruk Ini Menunjukkan Kamu Tidak Percaya Diri dengan Hidupmu Adanya sebuah gagasan atau pemikiran bahwa mereka yang tidak berharga harus mengejar kesempurnaan agar memperoleh penerimaan. Ini yang membuat mereka begitu keras untuk menjadikan diri sendiri terlihat sempurna.

Sikap ini biasanya juga disertai dengan kebiasaan menunda-nunda saking terlalu takutnya pada kegagalan. Padahal, kita semua tahu, bahwa tak ada manusia yang sempurna.

Hidup itu dinamis layaknya roda yang berputar. Kadang apa yang kamu kerjakan berhasil dengan nilai tinggi, kadang pula kamu gagal, dan itu tidak apa-apa.

4. Ambisius dan overachievement

5 Sikap Buruk Ini Menunjukkan Kamu Tidak Percaya Diri dengan Hidupmu Sama halnya dengan perfeksionis, keinginan serta ambisi tinggi untuk mencapai banyak hal bisa merupakan wujud dari rendahnya self-esteem.

Bukan ambisinya yang salah, melainkan motivasi yang membelakangi tekad itu. Tanya dirimu sendiri, apa yang sebenarnya kamu kejar dengan kerja kerasmu sekarang?

Apa itu sungguh-sungguh mimpimu, atau hanya validasi orang lain? Percayalah, kamu tidak akan pernah puas dengan pengakuan orang.

Saat kamu menyenangkan satu pihak, belum tentu pihak yang lain akan puas. Selalu saja ada tuntutan dan standar yang harus dikejar. Dengan sikap tersebut, apa kamu yakin kamu akan bahagia?

5. Sulit mengambil keputusan

5 Sikap Buruk Ini Menunjukkan Kamu Tidak Percaya Diri dengan Hidupmu Rendahnya kepercayaan diri membuat seseorang tidak bisa menentukan pilihannya sendiri. Pendapatnya gampang goyah dan prinsipnya mudah diambing-ambingkan oleh sekitar. Akibatnya, ia selalu meragukan diri sendiri dalam mengambil keputusan, takut salah langkah dan gagal.

Padahal, kamu tidak akan pernah tahu tanpa mencoba, bukan? Berani mengambil pilihan didasarkan oleh keinginan juga pertimbangan sendiri adalah langkah awal yang bisa kamu coba untuk meningkatkan kepercayaan diri. Kalau terus takut gagal, kapan kamu bisa maju dan berkembang?

Menurut AGEN POKER ONLINE TERBAIK,Ternyata self esteem bisa mempengaruhi sikap dan keseharian seseorang. Oleh karena itu, mulailah untuk mencintai diri sendiri apa adanya. Tanam kepercayaan diri dengan tekun dan sabar. Dengan demikian, kamu bisa hidup menurut prinsip dan value yang kamu pegang, tanpa peduli ucapan orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *