ASLIDOMINO – Selain dimanfaatkan sebagai hiasan, beberapa jenis bunga juga biasa disajikan dalam makanan sebagai hiasan maupun penambah warna. Bunga yang dapat dimakan digunakan dalam berbagai gaya masakan dan dapat ditemukan di menu makanan dari seluruh penjuru dunia.

Perlu diketahui, tidak semua bunga aman untuk dimakan, sehingga kamu perlu berhati-hati dalam memilih bunga untuk makanan. Akan tetapi, beberapa jenis edible flower bukan hanya aman dimakan tapi juga menawarkan manfaat kesehatan. Simak penjelasan berikut untuk tahu bunga apa saja yang memiliki manfaat kesehatan.

1. Dandelion

Selama ini, dandelion dikenal sebagai tanaman gulma yang membandel. Namun, gulma ini ternyata sangat bergizi. Dandelion memiliki banyak bunga kecil berwarna kuning cerah yang memiliki sifat antioksidan kuat, menurut studi dalam The Review of Diabetic Studies : RDS.

Menariknya lagi, bukan hanya bunganya saja yang bisa dimakan, tetapi setiap bagian dari dandelion dapat dimakan, seperti akar, batang dan daunnya. Bunga dandelion dapat dinikmati dalam keadaan mentah, digoreng, atau digoreng tepung. Sedangkan akarnya dapat digunakan untuk membuat teh. Kemudian bagian hijaunya dapat dikonsumsi mentah atau dimasak sebagai semur atau casserole.

2. Lavender

Lavender merupakan bunga dengan kelopak berwarna violet yang sangat kecil tapi berlimpah. Bunga ini dikenal akan aromanya yang khas dengan efeknya yang menenangkan.

Tapi bukan hanya dinikmati sebagai aroma terapi, lavender juga dapat dimanfaatkan untuk berbagai makanan, seperti makanan yang dipanggang, sirup, teh herbal, bumbu kering, dan campuran herbal, dikutip dari laman Healthline. Saat memasak dengan lavender, masukkan dalam jumlah sedikit demi sedikit sampai kamu mendapatkan rasa yang diinginkan, sebab bunga ini memiliki rasa yang sangat kuat.

3. Kembang sepatu

Kembang sepatu dapat digunakan untuk memasak maupun dalam campuran teh dan memiliki rasa asam seperti jeruk. Selain itu, kembang sepatu juga menawarkan manfaat kesehatan. Satu studi dalam Journal of Hypertension menemukan bahwa konsumsi teh kembang sepatu secara teratur membantu menurunkan tekanan darah.

Bahkan saat ini kembang sepatu kering juga relatif mudah ditemukan. Gunakan kembang sepatu untuk membuat teh, atau taburkan langsung di atas makanan.

4. Mawar

Selama ini, mawar dikenal akan manfaatnya untuk kecantikan. Tapi ternyata, bunga ini juga memiliki manfaat kesehatan. Mawar dapat dikonsumsi dalam bentuk teh maupun diiris tipis dan ditambahkan ke dalam salad.

Menurut penelitian dalam Iranian Journal of Basic Medical Sciences, minum air mawar baik untuk sakit tenggorokan karena dapat membantu mengendurkan otot tenggorokan. Walaupun begitu, mawar memiliki rasa yang sangat kuat, jadi sebaiknya konsumsi dalam jumlah sedikit demi sedikit.

5. Kamomil

Kamomil bukan hanya memiliki efek yang menenangkan, tapi juga dapat membantu memudahkan tidur, menurut Complementary Therapies in Medicine. Bahkan saat ini kamu bisa mendapatkan kamomil dalam bentuk teh maupun ekstrak.

Tapi selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi bunga kamomil dalam bentuk alami. Hanya saja, karena bunga kamomil memiliki rasa yang sangat pahit, Sebaiknya konsumsi dalam jumlah sedikit saja.

Nah, ternyata selain sebagai dekorasi, bunga-bunga ini juga memiliki manfaat kesehatan. Gimana? Tertarik mengonsumsi bunga-bunga ini dan membuktikan manfaatnya?

Agen Poker Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *