AsliDomino –Meski sering digaungkan, faktanya, disiplin itu sulit sekali untuk dilakukan. Kamu tetap harus melakukan apa yang semestinya, meskipun suasana hati sedang tidak mendukung.

Apalagi disiplin diri. Tentu lebih sulit, bukan, ketika kamu harus memaksakan diri bekerja demi tujuan pribadi, dibanding bekerja karena memang tugas tersebut harus diserahkan ke atasan. Ketika kamu hanya harus bertanggung jawab terhadap dirimu sendiri, mudah sekali untuk goyah atau berubah pikiran.

Maka dari itu, untuk memperkuat disiplin diri, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan. Supaya, impian-impian pribadimu itu bisa segera tercapai. Simak terus, ya!

1. Belajar untuk menunda kesenangan

Sukar sekali untuk keluar dari zona nyaman. Akan tetapi, kalau hidupmu mau maju, maka mau gak mau, harus berteman akrab dengan pengorbanan dan belajar untuk memprioritaskan apa yang penting demi mencapai impian.

Salah satu sikap yang sering membuat masa depan orang terpuruk, adalah kesulitan untuk menahan diri dari kesenangan sementara. Harusnya belajar, malah nonton drama. Yang tadi niatannya sebentar, akhirnya jadi keterusan. Belajarnya pun jadi ala kadarnya karena sudah keburu ngantuk. Nilai yang semestinya bisa bagus, jadi jelek. Akibat gak mau menunda kesenangan.

2. Jangan menunggu mood

5 Cara Ampuh Perkuat Disiplin Diri, Bikin Tujuan yang Masuk Akal!Pikiran, kalau gak dikontrol, bisa mendorongmu memilih keputusan-keputusan keliru. Karena itulah, kalau lagi banyak tugas, jangan biarkan pikiran melanglang buana. Fokus saja pada apa yang seharusnya kamu lakukan.

Kalau kamu membiarkan pikiran ke mana-mana, khawatirnya akan mengarah pada pikiran negatif, yang kemudian merusak mood. Kalau mood udah gak bagus, kamu jadi malas atau menunda-nunda.

Orang yang memiliki kedisiplinan diri yang baik, gak membiarkan mood mengendalikan hidupnya. Mau lagi mood atau gak, kalau harus kerja, ya, kerja. Dan itulah yang jadi pembeda antara mereka yang gagal dengan yang berhasil.

3. Membuat tujuan yang masuk akal

5 Cara Ampuh Perkuat Disiplin Diri, Bikin Tujuan yang Masuk Akal!Saat kamu sedang semangat, rasa-rasanya bisa melakukan apa pun yang sudah kamu niatkan. Perasaan demikian, sering menjebakmu membuat tujuan yang terlalu tinggi atau gak masuk akal.

Akibatnya, kamu jadi sulit untuk mencapainya. Dan kondisi tersebut, bisa membuatmu jadi gak pede lagi atau malah menyerah untuk merealisasikan tujuan.

Misalnya, berniat menabung Rp 1 juta sebulan. Maksudnya sih baik, untuk tujuan dana darurat serta investasi. Akan tetapi, faktanya ini gak bisa kamu lakukan, karena memang kebutuhanmu banyak, mengingat gajimu belum terlalu besar, ditambah kamu berperan sebagai kepala keluarga.

Mending bikin tujuan yang kecil dulu, tapi achievable. Sambil pelan-pelan dibuat strategi untuk meraih goals yang lebih tinggi lagi. Dengan begitu, semangatmu jadi tetap terjaga.

4. Jaga konsistensi

5 Cara Ampuh Perkuat Disiplin Diri, Bikin Tujuan yang Masuk Akal!Konsistensi, akan membuat apa yang kamu lakukan ini sebagai sebuah kebiasaan atau rutinitas. Kalau sudah begitu, kamu jadi gak begitu berat menjalaninya.

Dan inilah alasan kenapa lebih penting menciptakan tujuan kecil tapi konsisten, daripada tujuan besar, tapi dikerjakan semaunya. Jadi, kalau kamu ingin melatih disiplin, lakukan saja dari hal yang kecil dulu, tapi rutin.

5. Berpikir jangka panjang

5 Cara Ampuh Perkuat Disiplin Diri, Bikin Tujuan yang Masuk Akal!Melatih kedisiplinan memang sulit. Itulah kenapa, kamu perlu mengingat efek jangka panjang dari apa yang saat ini kamu lakukan.

Bayangkan, tiap hari harus bangun lebih awal untuk berolahraga. Pasti susah, kan? Tapi, coba visualkan apa yang akan kamu dapat kalau kamu rutin melakukan itu. Badanmu gak obesitas lagi, bisa menggunakan pakaian yang sudah kamu incar selama ini, tubuhmu jadi sehat, gak pegal-pegal atau sering sakit kepala lagi, dan banyak hal baik lain yang bakal kamu dapat. Kamu jadi termotivasi!

Menurut AGEN POKER ONLINE TERPERCAYA,Disiplin adalah kunci dari kesuksesan dalam hidup. Maka dari itu, mumpung kamu masih muda, yuk, latih disiplin diri supaya bisa mencapai sukses sedini mungkin. Kamu pasti bisa!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *