ASLIDOMINO – Apakah saat ini kalian kenal dan bahkan dekat dengan orang-orang toxic? Wah, pasti hidupmu gak tenang banget, ya. Pasalnya, orang beracun ini biasanya memang selalu punya cara untuk membuat hari-hari kita jadi gak bahagia. Meski terkadang mereka penuh perhatian dan terkesan menyenangkan, namun mereka juga lebih sering bersikap menyebalkan.

Lalu, bagaimana sih cara yang tepat untuk menghindari orang-orang toxic ini? Yuk simak poinnya berikut ini.

1. Hindari untuk menjalin kedekatan dengan mereka

Agar perlahan-lahan kamu bisa menghindari mereka, pertama-tama kamu gak boleh menjalin kedekatan sama mereka, lho. Jangan pernah mendekatkan diri dengan orang jenis ini karena mereka gak pandang bulu dan kata-katanya siap membuat down siapapun. Ujung-ujungnya, kamu akan mudah menyerah, gak bersemangat, dan malah bisa sampai berhenti mencintai diri sendiri.

2. Usahakan untuk gak meminta tolong pada orang ini jika memungkinkan

Saat kamu butuh bantuan, hindari meminta tolong sama orang-orang toksik. Bagaimanapun juga, mereka akan punya sejuta cara untuk menagih kembali pertolongan mereka tersebut suatu saat nanti. Mereka juga akan terus mengingat dan mengungkit-ungkitnya. Waduh, gawat juga ya!

3. Teruslah mencari teman baru yang lebih membawa dampak positif

Demi bisa menjauhkan diri dari orang-orang toxic, kamu perlu mencari teman yang lebih banyak lagi. Perluas lingkaran pertemananmu hingga orang toxic tersebut akan tersisih dengan sendirinya nantinya. Tanpa melakukan hal ini, kamu bisa-bisa akan terus terkungkung dalam lingkaran yang sama dan gak bisa lepas dari si toksik. Hiy, gak mau kan?

4. Jaga jarak dari mereka semampumu, ya!

Jika ada orang-orang beracun yang berusaha mendekatimu, usahakan untuk terus menjaga jarak. Bukan karena kamu sombong, namun ini semua demi kebaikanmu juga. Karena, menjalin kedekatan dengan orang seperti ini hanya akan membuat kamu kesulitan sendiri menghadapinya.

5. Bersikaplah lebih tegas

Orang-orang toxic gampang menjadikanmu sasaran dan akan betah berteman denganmu lama-lama jika kamu gak bisa bersikap tegas. Mereka memang paling suka menghabiskan waktu dengan orang yang bisa mereka tindas dan perlakukan sesuka hatinya. Makanya, sesekali bersikap tegas itu gak masalah kok.

Sifat masyarakat kita yang menjunjung tinggi kesopanan membuat kita kadang seolah gak bisa memilih lingkungan pertemanan kita. Tapi, sebenarnya kita punya hak lho gengs untuk menentukan siapa yang ingin kita dekati dan siapa yang lebih baik kita hindari. Setuju?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *