China Belum Akan Beri Vaksin Semua Warga, Dahulukan Tenaga Medis

ASLIDOMINO – Direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) China, Gao Fu mengatakan, tidak semua orang di China perlu diberikan vaksin virus corona Covid-19 untuk saat ini. Pejabat medis kini memprioritaskan pekerja garis depan dan populasi berisiko tinggi untuk mendapatkan vaksin corona terlebih dahulu.

“Sejak gelombang pertama Covid-19 muncul di Wuhan, China telah beberapa kali selamat dari dampak Covid-19,” ujar Gao Fu, seperti dikutip kantor berita China News Service Selasa (15/9).

Hal ini disampaikan Gao dalam pertemuan puncak vaksin di Kota Shenzhen pada Sabtu (12/9) waktu setempat. Dia mengatakan pertanyaan soal memvaksinasi publik adalah salah satu dari strategi menyeimbangkan “risiko dan manfaat” merujuk pada faktor seperti biaya dan potensi efek samping.

Gao juga menyebutkan saat ini tidak ada kebutuhan untuk vaksinasi massal meskipun itu bisa berubah jika terjadi wabah serius lainnya.

Kebijakan tersebut membedakan China dari banyak pemerintahan negara Barat terutama Australia, yang telah menguraikan rencana untuk memperkenalkan program vaksinasi publik massal.

Jumlah kasus virus corona yang dilaporkan di China tetap rendah sejak musim semi. Meskipun ada sejumlah gejolak dengan kemunculan klaster di Provinsi Jilin pada Mei, wabah di Beijing pada Juni, dan wabah lainnya di Urumqi, Xinjiang pada Juli. Namun hal ini ditanggapi dengan tindakan karantina wilayah serta pengujian massal, dan wabah dapat diatasi dalam beberapa pekan.

Gao menyebut situasi itu sebagai bukti langkah pengendalian corona yang efektif oleh otoritas China. “Fakta membuktikan kami memiliki beberapa senjata ajaib untuk menangani epidemi,” jelasnya.

“Vaksin corona potensial akan diprioritaskan bagi mereka yang berada di garis depan termasuk tenaga medis, warga negara China yang bekerja di luar negeri di titik corona, serta orang-orang yang bekerja di lingkungan padat berisiko tinggi seperti restoran, sekolah, atau layanan kebersihan,” tambahnya.

China adalah produsen dan konsumen vaksin terbesar di dunia, dan dapat memasok lebih dari 1 miliar dosis vaksin setiap tahun dari 40 produsen di seluruh negeri.

Agen Poker Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *