AsliDomino –Mandi tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kebersihan, tetapi juga membuat kamu lebih bersemangat menghadapi hari ataupun mengembalikan mood yang jelek. Bahkan, mandi di pagi hari dapat mengurangi peradangan kulit.

Meskipun termasuk rutinitas yang penting, tetapi hal itu justru harus harus kamu hindari setelah melakukan lima aktivitas berikut ini. Sebab, ada risiko yang akan kamu hadapi. Apa saja, ya? Simak berikut ini.

1. Setelah makan

Berdasarkan jurnal penelitian yang dilakukan oleh Yasuaki Goto, dkk pada warga Jepang di tahun 2018, disebutkan bahwa mandi dapat menginduksi pelebaran pembuluh darah sehingga aliran darah meningkat. Sementara itu, dilansir The Joint, setelah makan, tubuhmu berada pada suhu tubuh yang sedikit meningkat akibat peningkatan aliran darah menuju organ pencernaan.

Ketika kamu mandi setelah makan, proses tersebut akan terganggu dan tubuhmu harus bekerja ekstra keras untuk mempertahankan suhu normal. Hal ini dapat berpotensi menyebabkan kelesuan.

2. Setelah berolahraga

woman exercising indoorsMandi setelah berolahraga memang membantu ototmu untuk pulih dan bersiap untuk latihan atau melakukan aktivitas berikutnya. Hal tersebut disebabkan mandi bisa mengeluarkan asam laktat, yaitu reaksi kimia alami yang menyebabkan nyeri pada otot.

Namun, dikutip dari laman Healthline, langsung mandi air dingin setelah berolahraga justru dapat menyebabkan otot menjadi kaku dan detak jantung menjadi lebih cepat. Ini berpotensi untuk menimbulkan serangan jantung. Untuk hasil terbaik, mulailah mandi setelah peregangan dan gunakan air pada suhu suam-suam kuku atau cukup hangat.

3. Setelah minum minuman beralkohol

wine glass on tableSeperti yang dilansir laman Tipsmake dan Forbes, alkohol dapat menekan sistem saraf pusat dan melebarkan pembuluh darah. Kedua proses tersebut akan menyulitkan metabolisme pengontrolan suhu tubuh kamu.

Eits, makanya jangan langsung mandi. Kegiatan ini akan cepat meningkatkan gula yang tersimpan dalam tubuh, sehingga membuat suhu pun naik turun secara tiba-tiba. Hal tersebut berisiko menimbulkan perasaan mual dan pusing.

4. Setelah beraktivitas di atas pukul 18.00

Berisiko Besar, Hindari Mandi setelah Lakukan 5 Hal IniDikutip dari laman Steemit, mandi di atas pukul 18.00 bisa memicu serangan asam urat. Hal ini dikarenakan banyaknya konsumsi zat purin dalam tubuh kita sehingga kadar asam urat dalam tubuh ikut meningkat. Bila diteruskan, dapat berpotensi terkena penyakit ginjal akibat ketidakmampuan organ tersebut untuk menampung atau membuang asam urat.

Di samping itu, laman Paincarecenter juga disebutkan bahwa kebiasaan mandi di malam hari dapat menyebabkan kapsul sendi akan mengecil saat setiap kali tubuh disiram air dingin atau saat suhu dingin. Efeknya akan menimbulkan rasa nyeri pada persendian atau yang sering disebut dengan rematik.

5. Saat demam

Boy in Gray Sweater Lying on Black CouchKamu juga tidak disarankan untuk mandi saat demam. Berdasarkan penelitian oleh Geert A. Buijze, dkk pada tahun 2016 yang terdapat dalam laman Academic.oup, dinyatakan bahwa mandi dengan air dingin tidak hanya gagal menghasilkan tingkat pendinginan tubuh yang optimal, tetapi juga mampu menimbulkan gejala menggigil.

Bahkan, setelah penderita demam mandi air panas, suhu tubuhnya akan masih tetap turun yang kemudian dikenal sebagai kondisi “afterfall”. Kondisi menggigil dapat bertahan hingga 1 jam setelah mandi. Hati-hati!

Menurut AGEN POKER ONLINE TERBAIK,Mandi memang harus dilakukan secara rutin setiap hari. Namun sebaiknya hindari melakukannya dalam kondisi-kondisi di atas karena berbagai risiko kesehatan yang telah disebutkan. Jadi, lebih hati-hati, ya!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *