AsliDomino –Berikut ini adalah daftar makanan khas Bali yang mendunia dan terkenal lho, apa sajakah itu?

Pesona tempat wisata Bali memang begitu menakjubkan. Keindahan alamnya berupa pantai membuat banyak wisatawan terpesona akan Pulau Dewata ini.

Selain kaya akan destinasi wisata, Bali juga memiliki berbagai kuliner yang bikin lezat. Kalau kamu berlibur ke Bali, cobain beberapa daftar makanan khas Bali yang mendunia berikut yuk.

1. Sate Lilit

Sate khas di Bali berbeda dengan sate di daerah lainnya. Jika kamu biasa menemukan sate daging ditusuk, jika di Bali berbeda.

Daging akan dihaluskan terlebih dahulu, kemudian dililitkan pada tangkai bambu. Variasi dagingnya bisa daging ayam, babi, atau ikan tenggiri.

2. Ayam dan Bebek Betutu

Siapa yang tidak kenal dengan ayam atau bebek betutu. Kuliner ini sangat terkenal di Bali dan wajib dicoba nih. Ayam atau bebek akan dimasak secara utuh tanpa dipotong.

Di dalamnya akan diberikan berbagai macam bumbu rempah. Dulunya, makanan ini menjadi favorit para raja. Sebelum dimasak, daging akan dipijat-pijat terlebih dahulu. Tujuannya supaya dagingnya empuk dan bumbunya meresap hingga ke tulang-tulangnya.

Setelah dipijat, ayam atau bebek akan dibungkus menggunakan daun pisang selanjutnya dipanggang. Proses pemasakan menggunakan bara api sekam. Dibutuhkan waktu sehari semalam untuk memasaknya.

3. Babi Guling

Kalau makanan yang satu ini jadi incaran para turis asing nih. Para pecinta daging babi, menu makanan ini akan jadi favoritnya. Bumbu yang digunakan untuk memasak babi guling ialah bumbu basa genep Bali beserta daun ketela pohon.

Semua bumbu tersebut akan dimasukkan di dalam perut babi. Setelah itu, babi akan dipanggang di atas bara api. Babi akan diputar-putar sampai matang.

4. Nasi Jinggo

Nasi Jinggo hampir mirip dengan nasi kucing. Porsi nasinya hanya sebesar kepalan tangan orang dewasa.

Jika nasi kucing identik dengan ikan asin dan sambal, nasi jinggo berisi daging ayam suwir, tempe goreng dan mi. Nggak ketinggalan sambalnya super pedas. Kalau mau cobain nasi jinggo, jangan cuma satu bungkus ya. hehe

5. Nasi Tepeng

Ciri khas nasi tepeng ialah nasi dimasak dengan tekstur lembek mirip bubur. Untuk topingnya ada kacang panjang, kacang merah, terong, daun kelor, kelapa parut dan nangka muda.

Untuk lauknya bisa ditambah telur dan suwiran daging ayam. Wah lengkap banget nih. Rasanya akan semakin lezat jika disiram dengan kuah bumbu rempah-rempah khas Bali.

6. Tum Ayam

Sekilas jika diperhatikan, tum ayam memiliki kemiripan dengan pepes dari Pulau Jawa. Tum ayam menggunakan bahan utama daging ayam yang dicincang halus.

Kemudian, bumbu pelengkapnya adalah lengkuas, bawang, jahe, kencur dan rempah-rempah lainnya. Setelah ayam dan bumbu dicampur, bungkus menggunakan daun pisang. Barulah dimasak sampai matang. Aroma daun pisang akan membuatnya makin lezat.

7. Serombotan

Tampilannya mirip nasi urap. Tapi, serombotan dari Bali ini memiliki perbedaan karena isinya berbagai macam sayuran.

Biasanya terdiri dari kangkung, kacang panjang, bayam, tauge, terong bulat, buncis dan pare. Rempah-rempah yang digunakan adalah kencur, kunyit tumbuk, lengkuas dan bumbu kacang pedas. Kamu bisa memakannya dengan nasi atau tanpa nasi.

8. Bubur Mengguh

Bubur mengguh merupakan makanan khas Bali yang berasal dari Kabupaten Buleleng. Dulunya, makanan ini hanya disuguhkan saat ada acara keagamaan atau adat di Bali.

Bahan pembuatnya ialah beras dan santan. Lalu ditambahkan suwiran ayam lengkap dengan kuah kental. Dalam penyajiannya, bubur ini bisa disantap dengan urap sayur. Namun diletakkan di tempat terpisah sehingga rasanya sangat lengkap.

9. Sate Plecing

Kuliner Bali yang wajib dicoba adalah sate plecing. Pilihan daging yang digunakan adalah daging ayam, babi atau ikan laut. Sate plecing babi hanya bisa dinikmati oleh non muslim.

Penyajiannya menggunakan bumbu plecing, bukan bumbu kacang. Plecing merupakan makanan khas dari Bali dan Lombok yang dibuat dari tomat, cabai rawit, terasi dan jeruk limau. Penasaran rasanya? hehe

10. Bagiak

Kalau lagi bingung mau cari oleh-oleh khas Bali apa, kamu bisa memilih Bagiak. Makanan ini sering dijadikan wisatawan sebagai makanan oleh-oleh. Camilan yang satu ini hadir dengan berbagai varian rasa seperti rasa susu, kacang, jahe hingga kayu manis.

Makanan ini dibuat dari tepung sagu yang dibentuk bulat panjang seperti jempol orang dewasa. Bagiak rasanya agak manis sehingga cocok disantap dengan secangkir teh hangat.

Beragam pilihan menu makanan khas Bali yang wajib dicoba nih. Banyak menu kuliner Bali halal yang bisa kamu cobain. Jadi, tak perlu khawatir kesusahan menemukan makanan halal di Bali ya. Selamat berlibur.

Menurut AGEN POKER ONLINE TERPERCAYA,itulah daftar makanan Bali yang terkenal hingga ke mancanegara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *