AsliDomino –Cuka sari apel atau apple cider vinegar pada dasarnya adalah sari apel yang ditambahkan ragi (proses fermentasi), yang mana ragi tersebut mengubah gula dalam jus menjadi alkohol. Bakteri mengubah alkohol menjadi asam asetat, yang memberi cuka rasa asam dan bau menyengat.

Merupakan pengobatan alami rumahan yang populer, berikut ini adalah beberapa manfaat kesehatan yang akan kamu dapat lewat konsumsi cuka apel.

1. Metode alternatif pengobatan cegukan

Rutin Konsumsi Cuka Apel? Inilah 5 Manfaat Kesehatan yang Akan DidapatCegukan adalah efek kontraksi otot diafragma yang terjadi tiba-tiba. Suara yang muncul terjadi saat pita suara menutup saat kontraksi otot berlangsung. Rasanya hampir semua orang pernah cegukan, ya?

Nah, ternyata cuka apel mungkin bisa membantu meredakan cegukan. Caranya mudah, tinggal minum satu sendok teh cuka apel.

Menurut sebuah studi kasus dalam Journal of Palliative Medicine tahun 2015, pasien dengan adenokarsinoma kolon dan metastasis hati mengalami cegukan persisten sehari setelah kemoterapi dan berlanjut selama 7 hari. Setelah diberi cuka apel, terjadi perbaikan cegukan (berhenti atau intensitasnya berkurang) pada pasien tersebut.

2. Meredakan masalah tenggorokan

Rutin Konsumsi Cuka Apel? Inilah 5 Manfaat Kesehatan yang Akan DidapatBukan hanya memiliki khasiat dalam meredakan cegukan, cuka apel juga memiliki kemampuan dalam meredakan sakit tenggorokan. Melansir laporan dalam Medscape General Medicine, disebutkan bahwa sebagian besar kuman tidak dapat bertahan hidup di lingkungan asam yang diciptakan oleh cuka.

Nah, tentunya ini adalah kabar baik. Jadi, segera setelah kamu merasakan sakit tenggorokan, gunakan cuka sari apel untuk membantu mencegah dan melawan infeksi yang terjadi. Campurkan 1/4 cangkir cuka sari apel dengan 1/4 cangkir air hangat dan kumur setiap sekitar satu jam.

3. Juga berpotensi menurunkan kolesterol

Rutin Konsumsi Cuka Apel? Inilah 5 Manfaat Kesehatan yang Akan DidapatDilansir Healthline, cuka apel bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida pada tikus, menurut laporan dalam jurnal British Journal of Nutrition tahun 2006.

Ada pula studi terhadap manusia yang dilakukan oleh Department of Nutrition, Harvard School of Public Health, yang menemukan bahwa perempuan yang makan salad dressing dengan cuka memiliki risiko penyakit jantung yang lebih rendah.

Mengenai manfaat ini, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk benar-benar membuktikannya.

4. Aman untuk menurunkan berat badan

Rutin Konsumsi Cuka Apel? Inilah 5 Manfaat Kesehatan yang Akan DidapatCuka sari apel juga mungkin bisa membantu menurunkan berat badan. Menurut sebuah penelitian dalam European Journal of Clinical Nutrition tahun 2005, asam asetat dalam cuka apel mampu menekan nafsu makan, meningkatkan metabolisme, dan mengurangi retensi air. Para ilmuwan juga berteori bahwa cuka sari apel mengganggu pencernaan pati tubuh, yang berarti lebih sedikit kalori yang masuk ke aliran darah.

Selain itu, sebuah penelitian di Jepang yang diterbitkan dalam jurnal Bioscience, Biotechnology, and Biochemistry tahun 2009 menemukan bahwa menemukan satu atau dua sendok makan cuka sari apel ke dalam makanan dapat membantu menurunkan berat badan. Dilaporkan juga persentase lemak tubuh dan menurunkan trigliserida.

5. Bisa bantu mengontrol gula darah

Rutin Konsumsi Cuka Apel? Inilah 5 Manfaat Kesehatan yang Akan DidapatKhasiat yang kelima adalah potensinya dalam mengontrol gula darah. Dilansir Alternative Daily, disebutkan bahwa dengan mengonsumsinya dapat membantu menjaga keseimbangan kadar gula darah.

Sebuah studi yang dilakukan di Arizona State University, Amerika Serikat (AS), melakukan survei terhadap 11 orang dengan diabetes tipe 2. Tim peneliti menemukan bahwa konsumsi dua sendok teh cuka apel sebelum tidur bisa menurunkan kadar gula darah sebanyak 4-6 persen saat bangun di pagi hari. Studi ini dimuat dalam jurnal Diabetes Care tahun 2007.

Studi lainnya memberikan 20 gram cuka apel dan 40 gram air kepada partisipan dengan resistansi insulin dan tanpa kondisi tersebut. Hasilnya menunjukkan bahwa tingkat gula darah setelah makan pada subjek dengan resistansi insulin berkurang hingga 34 persen ketika mereka mengonsumsi cuka apel. Temuan ini diterbitkan dalam jurnal Diabetes Care tahun 2004. Para ilmuwan berpendapat bahwa efek anti-glikemik dari cuka sari apel mungkin bermanfaat bagi orang-orang dengan masalah gula darah.

Menurut AGEN POKER ONLINE TERPERCAYA,Itulah beberapa potensi manfaat cuka sari apel bagi kesehatan. Meski beberapa khasiatnya butuh penelitian lebih lanjut, tetapi tak ada salahnya untuk menyertakannya ke dalam pola makanmu sehari-hari. Optimalkan dengan pilihan makanan sehat lainnya, ya!

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *