AsliDomino –Banyak orang mendefinisikan kesuksesan dengan sudut pandang yang berbeda-beda. Kebanyakan tolak ukurnya adalah kemapanan finansial, pendidikan tinggi dan kedudukan. Tetapi tak jarang, ada yang mampu meraih kesuksesan dengan definisinya untuk mensyukuri apa yang telah dimiliki.

Terlepas dari bagaimana cara setiap orang memandang kesuksesan, berikut merupakan lima perangkap mental yang harus kamu hindari agar kamu cepat meraih kesuksesan.

1. Mengandalkan alasan emosional dalam berbagai hal

5 Perangkap Mental Ini Harus Kamu Hindari agar Cepat Raih SuksesOtak manusia memang diciptakan untuk bisa mengedepankan logika berpikir. Terdapat banyak saraf yang saling terhubung untuk membuat sesuatu itu menjadi masuk akal. Tetapi, terkadang apa yang ada di pikiran dapat disalahartikan menjadi sesuatu yang berbeda dengan realitanya.

Ketika kamu berhenti mengubah perasaan menjadi sebuah kebenaran, maka kamu akan mendapatkan logika dan kejelasan yang memungkinkanmu untuk membuat keputusan yang lebih cerdas.

2. Terlalu suka menyalahkan orang lain

5 Perangkap Mental Ini Harus Kamu Hindari agar Cepat Raih SuksesBagi orang sukses, apapun hal yang dilakukan akan menghadirkan tanggung jawab di dalamnya. Ada banyak orang yang kerap menyalahkan orang lain ketika dimintai pertanggung jawaban atas tindakan dan perasaannya sendiri.

Susan Whitbourne, seorang Profesor di University of Massachusetts Amherst mengatakan bahwa, “Kita sering menyalahkan orang lain karena itu membantu kita menjaga rasa harga diri kita dengan menghindari kesadaran akan kekurangan atau kegagalan kita sendir”’.

Orang sukses akan mampu belajar dari kesalahan dengan mengintrospeksi diri dan belajar dari pengalaman. Gustavo Razzetti, penulis Stretch Your Mind‘ menyarankan bahwa berlatih empati dapat membantu keluar dari kebiasaan menyalahkan.

3. Kecemasan tinggi akan sesuatu yang nyatanya belum terjadi

5 Perangkap Mental Ini Harus Kamu Hindari agar Cepat Raih SuksesPerasaan yang menghadrikan rasa khawatir berlebihan adalah sebuah perangkap mental yang buruk. Orang sukses tidak akan mudah terperangkap dalam pemikiran-pemikiran buruk yang belum tentu terjadi.

Ketakutan ini dapat tergolong kepada ketakutan irasional, yang menurut penelitian dapat menjadi sebuah bencana untuk diri sendiri. Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa hal itu dapat menyebabkan kecemasan dan depresi.

Buatlah tulisan-tulisan untuk skenario baik atau terbaik dari setiap kejadian. Hal ini memungkinkan untuk membuatmu memiliki keadaan pikiran yang lebih tenang, tidak cemas, dan lebih jernih.

4. Selalu merasa ada kekeliruan dalam keadaan

5 Perangkap Mental Ini Harus Kamu Hindari agar Cepat Raih SuksesDalam hal ini, kamu mungkin akan berpikir bahwa setiap situasi harus ditentukan seadil-adilnya. Misalnya saja, kamu merasa sedih dan kecewa karena kolegamu mendapat promosi jabatan sementara kamu tidak.

Kemudian ini membuatmu mengeluh kepada diri sendiri dan mengatakan bahwa ini tidak adil. Ketika kita sedang mengalami hal tersebut kamu cenderung akan marah, kesal, atau putus asa.

Namun, seorang profesor di Universitas Brigham Young-Idaho menyarankan bahwa menyatakan perasaan menjadi sebuah preferensi dapat membantu mengubah perasaan kamu tentang situasi tersebut, lho.

5. Personalisasi

5 Perangkap Mental Ini Harus Kamu Hindari agar Cepat Raih SuksesPersonalisasi dalam hal ini berarti bahwa kamu bertanggung jawab atas segala sesuatu secara pribadi atau menyalahkan diri sendiri, tanpa alasan logis. Para psikolog telah menemukan bahwa personalisasi dapat menyebabkan rasa bersalah, malu, dan perasaan tidak mampu.

Untuk mengatasi distorsi kognitif ini coba tenangkan pikiran dan pikirkan bagian mana yang seharusnya menjadi tanggung jawabmu dan peran apa yang kamu mainkan dalam situasi tersebut.

Dengan melihat hal-hal dari sudut pandang orang luar, mungkin akan ditemukan bahwa ada berbagai faktor yang berperan, dan bahwa hasilnya bukanlah sepenuhnya kesalahanmu

Menurut AGEN POKER ONLINE TERPERCAYA,itulah lima perangkap mental yang harus segera kamu hindari agar kesuksesan segera menghampirimu. Jangan lupa untuk terus berusaha keras, ya!

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *