AsliDomino –Kita semua tahu kalau membantu orang lain adalah hal yang baik dan patut untuk dilakukan. Namun dalam membantu orang lain tentu ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan, ya.

Salah satunya adalah apakah dalam membantu orang lain sudah sesuai dengan kemampuanmu atau malah di luar batas kemampuanmu? Supaya tidak keliru lagi, sebaiknya pahami dulu yuk lima tanda penting berikut.

1. Mungkin kamu merasakan lelah yang sangat lebih daripada biasanya setelah berusaha membantu

Free stock photo of afro, afro hair, at homeMembantu orang lain dengan sebaik mungkin adalah hal yang patut untuk diapresiasi, ya. Namun bukan berarti harus memaksakan diri sampai mengakibatkan dampak negatif dalam kehidupan sendiri, ‘kan?

Jika kamu merasakan kelelahan yang sangat lebih daripada biasanya setelah membantu orang lain, coba renungkan kembali hal yang mungkin terlewat olehmu. Mungkin saja kamu terlalu memaksakan diri saat membantu orang lain, padahal kamu sendiri tahu batas kemampuanmu. Jadi, sebaiknya perhatikan juga hal penting ini, ya!

2. Bisa jadi bantuan yang kamu berikan sangat jauh dari hasil yang diharapkan atau malah berakhir buruk

man sitting in the top of the mountainDalam menolong atau membantu orang lain, memang betul kalau kita sebaiknya tidak melihat hasil akhir dan terus berusaha sebaik mungkin. Akan tetapi, hasil akhir juga penting setelah membantu orang lain.

Kita berharap bantuan yang sudah kita berikan bisa bermanfaat dan berdampak positif, tapi jika hasilnya masih jauh dari harapan atau malah berakhir buruk, sebaiknya jangan sepelekan hal ini ya. Sebab mungkin saja hal ini karena kamu membantu hal yang memang di luar batas kemampuanmu sendiri.

3. Kamu sendiri mungkin masih merasakan kesusahan yang sangat berat ketika berusaha membantu

woman sitting on bench over viewing mountainMembantu orang lain di saat diri sendiri sedang kesusahan memang hal yang luar biasa ya, namun sebaiknya pikirkan juga apakah hal itu selalu tepat untuk dilakukan? Nah, pertanyaan ini yang sebaiknya kamu renungkan kembali.

Jika kesusahan itu masih bisa kamu atasi tentu tidak masalah, namun bagaimana jika kamu sendiri pun masih merasakan kesusahan yang sangat berat dan perlu segera diatasi? Tentunya kamu sendiri yang paling tahu dan perlu membuat keputusan yang tepat serta bijaksana.

4. Kamu sering merasakan hal ini tapi masih saja terus memaksakan diri tanpa disertai alasan yang kuat

woman wearing brown sweater holding lipsYa, kamu mungkin punya alasan sendiri kenapa ingin membantu orang lain saat kamu tahu hal itu sudah di luar batas kemampuanmu. Namun perlu disadari kalau memaksakan diri juga punya dampaknya sendiri apalagi jika tidak didasari alasan yang jelas dan kuat. Jadi, sebaiknya renungkan hal ini dengan matang agar kamu juga bisa mempertimbangkan kembali hal ini.

5. Membantu orang lain adalah hal yang baik, tapi jika tidak dilakukan secara bijaksana maka mungkin saja akan berakibat tidak baik

person using laptopKebaikan juga sebaiknya dilandasi dengan kebijaksanaan yang terlatih, ya. Jika tidak, maka mungkin saja kebaikan tersebut akan berakibat tidak baik lho. Salah satunya bisa jadi saat kamu membantu hal-hal yang sudah di luar batas kemampuanmu. Tentu ada banyak hal yang harus diperhatikan, entah itu kesanggupan, kesungguhan hati hingga dampak yang bisa ditimbulkan.

Menurut AGEN POKER ONLINE TERBAIK,sekali lagi perlu diingat kalau membantu orang lain itu memang baik asal diikuti juga dengan pikiran dan hati yang jernih serta bijaksana. Meski begitu, semua keputusan juga tetap ada di tanganmu. Semua tanda di atas juga tidak harus kamu jadikan sebagai acuan mutlak, cukup jadikan sebagai bahan renungan dan pertimbangan yang semoga bisa bermanfaat untukmu.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *